Sekilas Tentang Program Studi S1 Manajemen

Sekilas Tentang Program Studi S1 Manajemen

Program Studi S1 Manajemen berdiri pada tanggal 26 Januari 2012 seiring dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Islam Bumiayu. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Islam Bumiayu adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang terletak di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. STIE Islam Bumiayu telah diberikan izin untuk menyelenggarakan program pendidikan tinggi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28/E/O/2012 pada tanggal 26 Januari 2012. Pada awal berdirinya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Islam Bumiayu menyelenggarakan 2 program studi yaitu Program Studi S1 Manajemen, dan Program Studi S1 Akuntansi. Sekolah tinggi ini berada di bawah naungan Yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu.

Yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu adalah salah satu yayasan yang memiliki kepedulian dalam bidang pendidikan keterampilan dan pengembangan karakter. Pada Tahun 2009. Yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Huda mendirikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Islam Bumiayu. Kehadiran STKIP Islam Bumiayu ternyata mendapat dukungan dan kepercayaan masyarakat yang sangat luas, hal ini terlihat dari jumlah calon mahasiswa yang mendaftarkan diri yang senantiasa melebihi target yang diharapkan dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Adanya dukungan dan kepercayaan masyarakat yang kuat ini, mendorong yayasan dan tokoh masyarakat Bumiayu untuk mendirikan Universitas di Bumiayu. Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan tahapan-tahapan yang terencana dengan matang, salah satu tahapan tersebut adalah dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Islam Bumiayu. Dalam perkembangannya, pada tahun 2014, Yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu kemudian mendirikan Universitas Peradaban. Lalu, pada tahun 2015, STKIP Islam Bumiayu dan STIE Islam Bumiayu akhirnya bergabung (merger) dengan Universitas Peradaban.

STIE Islam Bumiayu kemudian menjadi salah satu fakultas di Universitas Peradaban, yaitu Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Program Studi S1 Manajemen saat ini merupakan salah satu program studi di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Peradaban. Sebelum melakukan merger dengan Universitas Peradaban, Program Studi S1 Manajemen telah melakukan proses akreditasi program studi dan meraih Akreditasi C pada tanggal 19 Juni 2014. Seiring berjalannya waktu, berbagai peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas program studi telah dilakukan tahap demi tahap. Dari sisi jumlah mahasiswa, peminat program studi S1 Manajemen juga semakin meningkat. Dosen-dosen yang mengajar di program studi S1 Manajemen juga merupakan dosen-dosen lulusan S2 dan S3 dari perguruan tinggi-perguruan tinggi ternama seperti UI, UGM, Unsoed, dan lain-lain. Harapannya, kualitas program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Peradaban semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Salam sukses!

Ketua Program Studi Manajemen,

Cici Widowati, S.P., M.S.M.